Baru Beli Mobil Bekas? Ini 6 Cara Mudah untuk Merawatnya


Dewasa ini, membeli mobil bekas sudah jadi pilihan banyak orang. Selain karena harga mobil bekas yang jauh lebih murah dari mobil baru, jika beruntung Anda tetap bisa mendapatkan mobil dengan kualitas yang baik. 

Setelah akhirnya Anda mendapatkan mobil yang diinginkan, Anda harus melanjutkan perawatannya agar kualitas mobil tetap terjaga. Hal ini ditujukan agar mobil senantiasa dalam kondisi prima. Apa sajakah perawatan penting untuk mobil bekas? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Memeriksa Komponen Mobil secara Rutin

Langkah pertama perawatan mobil bekas ialah memeriksa komponen mobil secara rutin. Beberapa bagian yang dimaksud adalah rem, sok, ban, siil, dan lain sebagainya. Pemeriksaan secara rutin ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada komponen mobil, yang mana bisa berakhir dengan kerusakan pada bagian-bagian yang lebih besar.

2. Membuat Jadwal Ganti Oli

Oli merupakan pelumas penting mobil. Tanpa oli, gesekan-gesekan pada tiap komponen pelengkap mesin tak dapat diredam. Untuk itu, mengganti oli secara teratur menjadi penting dilakukan. Pasalnya, kebiasaan ini dapat menghindarkan mesin mobil Anda dari gesekan tinggi serta kerusakan yang cepat. 

3. Memeriksa Radiator

Radiator mobil mempunyai fungsi untuk mendinginkan mesin. Mobil akan menjadi cepat panas dan rusak apabila radiator tidak berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, penting sekali untuk melakukan penggantian air radiator dalam jangka waktu tertentu.

4. Membersihkan Filter Karburasi

Bagian filter karburasi harus dibersihkan secara rutin. Hal ini dikarenakan filter karburasi yang kotor dapat menyebabkan mobil sulit untuk distarter. Gunakan sikat gigi atau sikat lainnya untuk membersihkan kotoran yang menempel pada filter karburasi.

5. Mengganti Timing Belt Secara Berkala

Timing belt merupakan komponen yang berfungsi untuk melanjutkan putaran roda gigi yang dikaitkan pada mesin. Komponen ini memiliki usia pemakaian sampai 40.000 km. Anda harus bisa memperhatikan pemakaian mobil Anda agar tahu kapan harus ganti timing belt.

6. Memanaskan Mesin Mobil

Sebelum menggunakan mobil, sebaiknya Anda selalu memanaskan terlebih dahulu selama 15 menit agar kinerja mesin optimal. Hal ini juga bertujuan agar mesin mobil tidak terlalu kaget pada saat digunakan, terlebih jika mobil Anda sudah lama tidak dikendarai.

Itu dia enam cara mudah untuk merawat mobil bekas yang baru Anda beli. Semoga informasi di atas berguna, ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Baru Beli Mobil Bekas? Ini 6 Cara Mudah untuk Merawatnya"

Post a Comment